Rabu, 02 Maret 2011

KPK Kembali Periksa Mantan Sesmenko Kesra Era Aburizal Bakrie

| Rabu, 02 Maret 2011 | 0 komentar

Kamis, 03/03/2011 11:04 WIB
KPK Kembali Periksa Mantan Sesmenko Kesra Era Aburizal Bakrie 
Fajar Pratama - detikNews
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini kembali memanggil Mantan Sekretaris Menko Kesra era Aburizal Bakrie, Sutedjo Joewono. Tersangka kasus pengadaan alat kesehatan rumah sakit rujukan penanganan flu burung tahun 2006 ini akan diperiksa terkait kasus yang disangkakan kepadanya itu.

Sutedjo telah datang ke kantor KPK sekitar pukul 09.30 WIB. Mengenakan kemeja warna putih, dia diantar menggunakan mobil tahanan yang membawanya dari Rutan Polres Jaksel.

Sutedjo adalah tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan pada rumah sakit rujukan? penanganan Flu Burung tahun 2006. Dia menjabat sebagai Sesmenko Kesra sejak 2005 hingga 2009.

Perbuatan Sutedjo diduga telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 32 miliar. Adapun nilai kontrak pengadaan senilai Rp 98 miliar. Sutedjo dikenakan dengan pasal sangkaan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Modus korupsi itu dilakukan dengan cara menggelembungkan harga pembelian alat-alat kesehatan hingga 200? persen. Dalam informasi yang diperoleh, alat-alat kesehatan yang diduga digelembungkan itu antara lain? berupa Bronchoscopy merek Olympus buatan Jepang, dimana harga kontrak satu unitnya
diperkirakan Rp 538 juta dan harga subkontraknya Rp 529,9 juta. Ternyata harga agennya hanya Rp 168 juta. Selisihnya mencapai Rp 370 juta.

Dalam pernyataanya, pihak Sutedjo pernah mengatakan, Abrurizal alias Ical yang saat itu menjadi Menko Kesra mengetahui proses pengadaan barang alat kesehatan tersebut.

"Secara umum, karena beliau adalah sekretaris menteri, maka yang berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh beliau, tentunya beliau melaporkan (ke menteri)," ujar kuasa hukum Sutedjo, Soleh Amin, usai mendampingi pemeriksaan kliennya di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (17/2/2011) lalu.

(fjp/anw)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

You are redirected to Facebook

loadingSending your message



Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

View the original article here



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Info Dunia Bisnis