Minggu, 13 Maret 2011

Pemerintah Didesak Tertibkan Minimarket 'Bodong'

| Minggu, 13 Maret 2011 | 0 komentar

Jakarta -Langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam merazia perizinan minimarket layak ditiru. Namun diharapkan tidak sekedar merazia namun juga menutup minimarket bodong tanpa perizinan yang jelas.

"Untuk hal ini kita harus akui respon pemerintah provinsi DKI Jakarta yang cepat untuk membereskan permasalahan kisruh minimarket tanpa izin di wilayahnya. Kita harus mengapresiasi langkah pemprov DKI Jakarta ini dan kita harapkan sekaligus bahwa langkah ini bisa diikuti oleh pemerintah provinsi lainnya," ujar Wakil Ketua DPR bidang Kesra, Taufik Kurniawan, kepada detikcom, Sabtu (12/3/2011).

Menurut Taufik, minimarket telah menjamur hingga pelosok Indonesia. Minimarket ini lebih banyak yang bodong ketimbang yang mendapat restu pemerintah.

"Saya melihat tindakan cepat terhadap minimarket tanpa izin baik, karena bukan hanya didirikan tanpa izin dan melanggar aturan, namun juga karena hal ini telah merusak perekonomian pedagang-pedagang kecil yang selama ini justru kita tahu mampu bertahan dalam krisis moneter yang pernah kita
alami beberapa waktu lalu," keluh Taufik.

Keberadaan minimarket bodong juga telah menimbulkan kekhawatiran pedagang tradisional. Pemerintah diminta sungguh-sungguh mengevaluasi total keberadaan minimarket di sejumlah denyut nadi perekonomian warga.

"Mini market jumlahnya sudah keterlaluan, di satu jalan saja bisa ada lebih dari 5 mini market. Mini market ini juga bisa ditemui di puncak gunung di pedesaan. Ini kan jelas merusak, pada pedagang keliling yang selama ini banyak kita temui di daerah pemukinan penduduk di Jakarta maupun di desa-desa semakin hilang," sarannya.

Gubernur diminta jeli sebelum memberi izin pendirian minimarket. Sebab bukan rahasia lagi jika pengusaha siap melakukan apapun demi kelangsungan usahanya.

"Pelimpahan kewenangan jangan justru dijadikan untuk melakukan tindakan tidak terpuji dengan
mengeluarkan izin-izin karena imbalan uang," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan Pemprov DKI melakukan razia dan menemukan lebih dari 1000 minimarket bodong di Jakarta. Hanya ditemukan 70 minimarket dengan perizinan lengkap di wilayah Ibukota. Sanksi tegas pun tengah disiapkan.

(van/van)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



View the original article here



Peliculas Online

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Info Dunia Bisnis