Jumat, 11 Maret 2011

Agung Laksono Bantah Siapkan Rp 50 Miliar untuk Kongres Golkar 2004

| Jumat, 11 Maret 2011 | 0 komentar

Jakarta -Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono disebut-sebut oleh Wikileaks mengalokasikan dana sebesar Rp 50 miliar dalam bursa pemilihan Ketua Umum Golkar pada tahun 2004 lalu. Pria yang kini menjabat sebagai Menko Kesra tersebut dengan tegas membantahnya.

"Kalau punya duit Rp 50 miliar saya maju sendiri. Itu angka fantastis untuk pemilihan Ketua Umum Partai Golkar, itu tidak benar," kata Agung Laksono di Kelapa Resort, Jimbaran, Bali, Jumat (11/3/2011) malam.

Agung menjelaskan, kedatangannya ke Kongres Golkar pada 2004 lalu untuk mendukung Jusuf Kalla (JK) untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum. Agung mengaku tidak maju sebagai calon ketua umum karena JK sudah maju.

"Saya tidak maju karena Pak JK akan maju. Biasanya dalam pemilihan Ketum Partai Golkar, mereka akan jadi capres atau cawapres, tetapi Pak JK sudah menjadi wapres baru masuk menjadi Ketum Partai Golkar. Itu hal yang unik, makanya saya dukung," papar Agung.

Harian The Age menyebutkan, Kedubes AS melaporkan JK membayar suap besar untuk memenangkan kepemimpinan Golkar, salah satu partai terbesar di Indonesia. Hal itu dilakukannya pada saat kongres partai pada Desember 2004.

Kabel diplomatik rahasia AS menyatakan, JK mengeluarkan uang US$ 22.000 untuk mendapatkan akses mengontrol Partai Golkar.

Perwakilan provinsi yang memiliki hak voting yang sama tapi juga dapat mempengaruhi perwakilan daerah di bawahnya menerima Rp 500 juta atau lebih. Berdasarkan kontak dengan pengalaman sebelumnya di kasus ini, pejabat menerima uang muka dan akan mendapatkan pembayaran penuh dari pemenang dalam bentuk cash beberapa jam setelah pemilihan.

Diplomat AS melaporkan 243 suara diperlukan untuk mendapatkan suara mayoritas sehingga calon ketua umum Golkar harus merogoh 6 juta dollar AS atau sekitar Rp 52.785.000.000.

Disebutkan pula, salah satu kontak mengklaim bahwa Ketua DPR Agung Laksono telah mengalokasikan Rp 50 miliar atau lebih dari US$ 5,5 juta di event tersebut.

(anw/anw)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



View the original article here



Peliculas Online

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Info Dunia Bisnis