Rabu, 02 Maret 2011

Polri Tak Takut Detasemen Anti Anarki Berpotensi Melanggar HAM

| Rabu, 02 Maret 2011 | 0 komentar

Kamis, 03/03/2011 11:20 WIB
Polri Tak Takut Detasemen Anti Anarki Berpotensi Melanggar HAM 
Aprizal Rahmatullah - detikNews
Jakarta - Detasemen Anti Anarki mempunyai kewenangan melakukan tindakan represif bahkan tembak di tempat bagi massa yang anarkistis. Meski begitu, Polri tidak takut tindakan Detasemen berpotensi melanggar HAM.

"Itu upaya yang paling terakhir. Upaya untuk tugasnya Detasemen Anti Anarki itu tujuannya adalah dalam rangka memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat terutama perlindungan terhadap fasilitas sosial terhadap keamanan masyarakat," ujar Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi saat ditanya apakah Polri tidak takut Detasemen Anti Anarki berpotensi melanggar HAM.

Hal itu disampaikan Ito di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2011).

Ito mengatakan, Detasemen Anti Anarki sudah dibentuk jauh-jauh hari. Strukturnya berada langsung di bawah Brimob. Lalu kalau sudah ada mengapa Detasemen Anti Anarki tidak diturunkan saat kasus Cikeusik dan Temanggung?

"Bukan tidak digunakan, di sana kan daerahnya di Banten belum ada. Maksudnya belum dioptimalkan. Sekarang akan lebih dioptimalkan lagi," kilah Ito.

Ito mengakui keberadaan Detasemen Anti Anarki belum optimal bekerja. "Kalau kejadian anarkis di Cikeusik, masa kita diamkan saja. Kita tidak melihat dari pada siapa (pelaku), tapi siapapun yang berbuat anarkis, maka tentu upaya terakhir yang kita lakukan adalah mengedepankan Detasemen Anti Anarki," imbuh jenderal yang akan pensiun Juni 2011 ini.

(ape/anw)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

You are redirected to Facebook

loadingSending your message



Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

View the original article here



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Info Dunia Bisnis